Yahoo Jepang Gunakan AI untuk Bantu Menyaring Komentar Bullying di Media Sosial

Yahoo Japan Corp mengatakan bahwa mereka akan menggunakan kecerdasan buatan atau AI dalam menghapus komentar negatif atau yang mengandung kebencian dari para pengguna demi upaya untuk menangani cyberbullying penyebab orang bunuh diri di Jepang.

AI ini akan berfungsi sebagai pemantau postingan dari setiap pengguna usai kematian salah satu aktris dan pegulat Jepang  Hana Kimura yang diduga meninggal akibat menerima bullying dari media sosial.

Sistem AI ini juga akan langsung bertindak dengan menghapus postingan atau komentar buruk yang sekiranya dapat menyakiti hati seseorang.

Meski begitu, Yahoo Japan akan tetap menerima pelayanan keluhan dari pengguna yang merasa postingan atau komentarnya dihapus oleh sistem ini demi tetap menjunjung tinggi hak kebebasan berekspresi di media sosial.

Yahoo Japan berharap agar upaya ini dapat membantu mengurangi pencegahan terhadap cyberbullying yang kerap terjadi di media sosial.

Sistem AI yang akan diberlakukan oleh Yahoo Japan ini juga merupakan serangkaian rekomendasi dari para ahli demi mengurangi postingan atau komentar negatif yang dapat membuat orang bunuh diri.

Kematian salah satu member Terrace House Hana Kimura membuat banyak pihak dan ahli ingin adanya tindakan tegas terhadap perlakuan bullying di media sosial.

Setidaknya ada 200 akun yang telah dipantau hingga kini oleh kepolisian yang membuat Hana Kimura melakukan bunuh diri.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here