Yuriko Koike Menjadi Pionir Wanita Jepang dalam Berkarir di Dunia Politik

Yuriko Koike, gubernur wanita pertama Tokyo yang akan menjabat 2 periode setelah berhasil memenangkan pemilukada pada Minggu (5/7/20) lalu.

Para pakar sosial politik mengatakan bahwa suksesnya Yuriko Koike berkarir dalam dunia politik akan menggait generasi muda wanita agar bisa terjun dalam dunia politik yang rata-rata didominasi oleh Pria.

Koike memang pernah membahas masalah karir perempuan pada pemilihan 2016 lalu setelah melihat luar negeri yang banyak dipimpin oleh perempuan seperti Presiden Taiwan Tsai Ing wen dan lainnya.

Menurut data pemerintah bahwa posisi jabatan yang dipegang oleh perempuan di pemerintahan hanya sebesar 16,8% saja dan sisanya didominasi oleh pria. Hal ini bisa memicu agar para wanita bisa lebih bersemangat berkarir dalam dunia politik.

“Saya ingin melihat lebih banyak wanita di bidang inti seperti keuangan ataupun perencanaan kebijakan” kata Mari Miura seorang profesor ilmu politik Universitas Sophia.

Dengan menangnya Koike di pemilihan guberur Tokyo akan membuka kesempatan agar para perempuan hebat bisa berkarir cemerlang di dunia politik.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here